Ps Daniel Santoso : Reflector of Heaven’s Light

Jawab Yesus kepada mereka, kata-Nya: “Biarpun Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, namun kesaksian-Ku itu benar, sebab Aku tahu, dari mana Aku datang dan ke mana Aku pergi. Tetapi kamu tidak tahu, dari mana Aku datang dan ke mana Aku pergi. Kamu menghakimi menurut ukuran manusia, Aku tidak menghakimi seorangpun, dan jikalau Aku menghakimi, maka penghakiman-Ku itu benar, sebab Aku tidak seorang diri, tetapi Aku bersama dengan Dia yang mengutus Aku. Dan dalam kitab Tauratmu ada tertulis, bahwa kesaksian dua orang adalah sah; Akulah yang bersaksi tentang diri-Ku sendiri, dan juga Bapa, yang mengutus Aku, bersaksi tentang Aku.” Maka kata mereka kepada-Nya: “Di manakah Bapa-Mu?” Jawab Yesus: “Baik Aku, maupun Bapa-Ku tidak kamu kenal. Jikalau sekiranya kamu mengenal Aku, kamu mengenal juga Bapa-Ku.” Kata-kata itu dikatakan Yesus dekat perbendaharaan, waktu Ia mengajar di dalam Bait Allah. Dan tidak seorangpun yang menangkap Dia, karena saat-Nya belum tiba. Yesus bukan dari dunia ini

Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak: “Aku akan pergi dan kamu akan mencari Aku tetapi kamu akan mati dalam dosamu. Ke tempat Aku pergi, tidak mungkin kamu datang.” Maka kata orang-orang Yahudi itu: “Apakah Ia mau bunuh diri dan karena itu dikatakan-Nya: Ke tempat Aku pergi, tidak mungkin kamu datang?” Lalu Ia berkata kepada mereka: “Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini. Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam dosamu.” Maka kata mereka kepada-Nya: “Siapakah Engkau?” Jawab Yesus kepada mereka: “Apakah gunanya lagi Aku berbicara dengan kamu? Banyak yang harus Kukatakan dan Kuhakimi tentang kamu; akan tetapi Dia, yang mengutus Aku, adalah benar, dan apa yang Kudengar dari pada-Nya, itu yang Kukatakan kepada dunia. Mereka tidak mengerti, bahwa Ia berbicara kepada mereka tentang Bapa. Maka kata Yesus: “Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia, barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia, dan bahwa Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri, tetapi Aku berbicara tentang hal-hal, sebagaimana diajarkan Bapa kepada-Ku. Dan Ia, yang telah mengutus Aku, Ia menyertai Aku. Ia tidak membiarkan Aku sendiri, sebab Aku senantiasa berbuat apa yang berkenan kepada-Nya.”

Yohanes 8:14-29

Kenapa banyak ke-Kristen memberitakan tentang Kristus didunia ini? Kenapa banyak misionaris memberitakan Kristus di tempat tempat yang sulit?

Karena mereka tahu ada meaning yang sudah hilang yaitu mereka adalah orang orang berdosa.

Kita dicipta bukan karena kecelakaan tapi kita dicipta oleh The Grand Designer. Inilah yang harus menjadi foundation meaning kita sebagai orang Kristen.

  • Banyak orang mempercayai kalau kita lahir by accident.
  • Banyak orang sulit sekali melihat image Tuhan didalam hidup mereka

Orang orang berpikir seharusnya Tuhan bisa mengalahkan kejahatan dan kejahatan seharusnya tidak terjadi karena ada Tuhan. Muncullah pertanyaan kemana Tuhan atau Tuhan itu tidak ada.?

Dalan kitab suci, kita dicipta karena kita mempunyai The Grand Designer dan kita memiliki satu refleksi/memantulkan The Grand Designer.

Manusia bisa hidup dengan benar dan berbinar binar hanya saat cahaya Yesus terpantul dari Surga.

Janganlah kamu membuat di samping-Ku allah perak, juga allah emas janganlah kamu buat bagimu.

Keluaran 20:23

Jangan menyembah patung karena kita lebih besar dari patung. Tapi banyak orang tidak bisa menerima ini, kalau kita adalah reflektor dari Cahaya Surga.

Oleh karena itu 1 1 nya cara yaitu Bapa Allah mengirimkan AnakNya untuk turun kedalam dunia untuk menjadi terang dunia sehingga banyak orang melihat terang itu sebenarnya. Tapi dalam alkitab banyak orang yang tidak mengikuti bait suci justru adalah orang-orang yang beragama.

Banyak hal ketika Yesus memberitakan injil, keselamatan dan kebenaran tetapi yang menolak adalah orang orang dalam Bait Suci itu sendiri.

Dalam mitologi Yunani, ada seorang yang bernama Narsisius. Seorang pria yang cantik dan semua orang suka. Lalu dia menjadi sombong ketika orang-orang terums menerus memuji dia, dia semakin menaikan dagu. Tiba tiba dia sedang haus dan dia pergi ke danau. Ketika dia di danau dan dia mengisi haus nya dengan air danau itu, lalu ketika dia melihat ke arah danau itu dia melihat seorang wajah yang cantik. Dia mengatakan aku jatuh cinta padamu. Aku ingin mengenalmu. Dan dia mencelupkan muka dia kedalam danau dan dia terus menjadi sampai ke dasar danau, lalu matilah dia. Ketika mayat terapung apung beberapa bulan lalu dari mayatnya tersebut muncullah sebuah bunga. Bunga itu adalah Edlewaise.

Dalam cerita ini mengatakan akibat dari mengasihi diri sendiri berlebihan adalah kematian. Begitu juga orang Farisi mengatakan kepada Yesus kalau dia narsis.

Tetapi Yesus mengatakan Jawab Yesus kepada mereka, kata-Nya: “Biarpun Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, namun kesaksian-Ku itu benar, sebab Aku tahu, dari mana Aku datang dan ke mana Aku pergi. Tetapi kamu tidak tahu, dari mana Aku datangbdan ke mana Aku pergi. Kamu menghakimi menurut ukuran manusia, Aku tidak menghakimi seorangpun, dan jikalau Aku menghakimi, maka penghakiman-Ku itu benar, sebab Aku tidak seorang diri, tetapi Aku bersama dengan Dia yang mengutus Aku. Dan dalam kitab Tauratmu ada tertulis, bahwa kesaksian dua orang adalah sah; Akulah yang bersaksi tentang diri-Ku sendiri, dan juga Bapa, yang mengutus Aku, bersaksi tentang Aku.” Yohanes 8:14-18

Waktu Yesus memberitakan ayat tersebut, orang Farisi mengatakan kalau Yesus tidak memiliki alasan yang relevan jikalau menginginkan mereka untuk mengikuti Dia.

Doa orang Kolose, doakan kami untuk memberitakan content of faith secara lebih plain lebih clear. Justru Yesus berkhotbah tetapi banyak orang tidak mengerti secara clear.

Ada 3 kata warning

  • Ayat 21, kamu akan mati
  • Ayat 24, 2x kamu akan mati

Kristus Yesus, Kau mengatakan firman dengan gila. Membuat orang tidak merasa secure, tidak merasa tenang, dan membuat kita menjadi was was.

YESUS, kenapa Engkau memporak porandakan gereja dengan memberitakan kebenaran, supaya untuk mengikuti Dia menjadi muridNya? Ada 3 alasan kenapa Yesus melakukan itu:

  1. Tuhan Yesus memberitakan Firman untuk membuat kita mengenali keadaan kita untuk tidak selalu di comfort zone.
  2. Dia ingin mengatakan “Akulah yang terwahyukan dan wahyu itu sendiri.” Tetapi ketika mengatakan hal itu justru dunia menolak Yesus.
  3. Tuhan Yesus ingin memberikan kesempatan untuk percaya kepada Dia.

Kenapa kita sebagai anak Tuhan tidak bisa mengikuti Tuhan.? Tidak bisa mengikuti Cahaya itu sendiri.?