Ps Daniel Santoso : Imperfection Life

Didalam diri seorang hakim ada sesuatu keberanian, kekuatan dan kebrutalan tapi ada juga kelemahan dan kekalahan. Sebuah hidup yang imperfection.

Bagaimana kita bisa melihat kisah Allah dalam hidup Simson?

14:1 Simson pergi ke Timna dan di situ ia melihat seorang gadis Filistin. 14:2 Ia pulang dan memberitahukan kepada ayahnya dan ibunya: “Di Timna aku melihat seorang gadis Filistin. Tolong, ambillah dia menjadi isteriku.” 14:3 Tetapi ayahnya dan ibunya berkata kepadanya: “Tidak adakah di antara anak-anak perempuan sanak saudaramu atau di antara seluruh bangsa kita seorang perempuan, sehingga engkau pergi mengambil isteri dari orang Filistin, orang-orang yang tidak bersunat itu ?” Tetapi jawab Simson kepada ayahnya: “Ambillah dia bagiku, sebab dia kusukai.” 14:4 Tetapi ayahnya dan ibunya tidak tahu bahwa hal itu dari pada TUHAN asalnya : sebab memang Simson harus mencari gara-gara terhadap orang Filistin. Karena pada masa itu orang Filistin menguasai orang Israel.

Hakim hakim 14:1-4

Dia melihat seorang wanita yang jelas jelas tidak percaya akan Tuhan dan tidak takut akan Tuhan.

Lalu dimana kesalahannya.?

Kesalahannya terletak kepada seorang hamba Tuhan yang memilih wanita yang bukan Israel.

Tetapi kita melihat “Hal itu berasal dari Tuhan adanya”

Kita perlu anugerah Tuhan untuk membukakan kisah yang Tuhan mau bukakan.

Kadang kadang Tuhan memberikan sebuah exception.

Seorang Simson yang sudah dinubuatkan menjadi penyelamat orang Israel, seorang yang sudah dipilih Allah tetapi diizinkan Tuhan untuk memilih wanita yang bukan Israel.

“Tuhan mengizinkan itu terjadi.”

Kalau hidup kita ada imperfection jangan diubah, jangan dicari solusinya agar bisa perfect toh Simson yang dipilih Tuhan untuk menyelamatkan orang Israel juga mempunyai hidup yang imperfection. Imperfection disini dimaksudkan jangan berusaha membuat hidup kita sempurna, karena Tuhan sering menggunakan ketidaksempurnaan kita untuk menunjukkan kuasaNya dalam hidup kita.

Kita bisa melihat disana kalau Tuhan juga menulis “sebab memang Simson harus mencari gara-gara terhadap orang Filistin”

55:8 Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. 55:9 Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.
Yesaya 55:8-9

Bukan rancanganku yang dipake Tuhan tetapi rencanaNya

Memahami kehendak Tuhan dalam zaman ini memang sangat susah. Dimana banyak manusia memiliki prinsip “kebenaranmu adalah kebenaranmu dan kebenaranku adalah kebenaranku” janganlah saling mangganggu dengan kebenaranmu kedalam kehidupanku.

Kisah Tuhan yang mau Tuhan ceritakan kepada kita adalah menaati Firman Tuhan dan mempercayai Tuhan adalah disiplin kita seumur hidup. Pertanyaannya kuat kah kita.? Kita tidak akan kuat kalau tidak ada anugerah dari Tuhan.

Tetapi harta ini kami punyai dalam bejana tanah liat, supaya nyata, bahwa kekuatan yang melimpah-limpah itu bersalah dari Allah, bukan dari diri kami.
2 Korintus 4:7

Kita adalah bejana yang kuat, kita kuat kalau ada yang membentuknya. Pertanyaannya kita mau ikut bentukan siapa.?

Allah, yang memanggil kami kepada persekutuan dengan Anak-Nya Yesus Kristus, Tuhan kita, adalah setia.
1 Korintus 1:9

Gereja itu adalah anugerah Allah.

Kita melihat karya Tuhan dalam gereja yang kacau yang tidak beres.

Kita kadang merasa terganggu dengan hal hal tersebut yang sampi membuat kita tidak bisa melihat dari Worldview Christian tetapi malah dari Worldview kita.