Ps Stephen Tong : Yohanes 15:1-5

(1) “Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya. (2) Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah. (3) Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu. (4) Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku. (5) Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

Yohanes 15:1-5

Domba ketika sudah mau disembelih tidak bisa berkata apa apa, hanya bisa bersuara “embekkk..”

Apakah pokok anggur sebuah pohon? Tidak, pokok anggur itu adalah batang yang begitu sederhana tapi lembut dan taat.

Banyak anak muda yang pintar dan hebat tapi tidak taat dan menghormati orang yang lebih berpengalaman, anak muda seperti ini hanya dapat melakukan hal hal yang terbatas.

Tetapi anak muda yang hormat dan memperhatikan setiap hal apa yang Tuhan berikan, anak muda seperti ini akan dipakai Tuhan secara luar biasa.

Seorang yang gentleman adalah seorang yang tidak bisa diatur oleh uang, tidak bisa dirayu oleh kuasa, dan tidak bisa digoda oleh perempuan.

Jangan bersandar kepada manusia tetapi bersandar kepada Tuhan, jangan takut kepada manusia tetapi takutlah kepada Tuhan.

Banyak orang kristen harus dianiaya baru imannya bisa bertumbuh, dan setelah dianiaya tidak ada orang Kristen yang menjadi lebih kecil tetapi akan terus menjadi lebih besar.

Jangan takut kalau gereja yang sekarang kalian tempati akan dibakar, karena Tuhan akan memberikan gereja yang lebih besar.

Meskipun pokok anggur adalah batang yang paling kecil, tetapi pokok anggur berbuah sangat banyak. Sebatang pokok anggur bisa berbuah beribu beribu anggur.

Dalam Yohanes 15:2 yang arti aslinya adalah ranting rantingKu. Kenapa arti aslinya tertulis ranting ranting-Ku? Kenapa ranting ranting-Ku, dimana itu adalah kepunyaan Bapa, lalu dipotong? Bukannya kita percaya internal security, once save save forever, apakah ini bukan Calvinis? Yang harus kita tahu, pekerjaan Tuhan dan pelayanan Tuhan tidak pernah disesali oleh Tuhan. Lalu apa ini maksudnya.?

(1) Mazmur Daud.
Tuhanlah yang empunya bumi serta segala isinya, dan dunia serta yang diam di dalamnya.
Mazmur 24:1

  • Natural belonging : kita milik Tuhan karena kita dicipta, jadi semua yang dicipta Tuhan adalah milik Tuhan.
  • Spiritual belonging : kita menjadi milik Kristus karena kita “lengket” dengan Kristus.

Sebuah pokok anggur yang terlihat subur, yang lebat, harus dipotong daun daunnya. Kenapa? Karena agar vitamin vitamin yang disalurkan dalam batang anggur itu tidak diambil oleh daun daunnya, agar bisa difokuskan kepada buahnya, agar buahnya bisa terus diisi oleh vitamin vitamin.