Ps Daniel Santoso : Matius ‭5:9‬

Matius 5:9

“Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah.”

Makarios yang artinya diberkatilah.

Orang yang menerima berkat Tuhan lah yang disebut orang kudus.

Hagios adalah orang orang yang dipilih Tuhan dan dikhususkan Tuhan.

Peacemaker = membawa damai.

Arti damai secara umum:

  • Tidak ada tekanan
  • Tidak ada konflik
  • Tidak ada kekacauan
  • Toleransi

Arti damai secara kristen :

  • Spiritual Relationship
  • Trusting God
  • Presence of God

Kita (manusia) tidak bisa melihat kebenaran itu sebagai satu satunya.

Apakah kita meyakini kalau Tuhan pembawa damai? Kalau iya lihat Mikha 7:6 dan Matius 10:34-36. Apakah kalian masih yakin Tuhan adalah pembawa damai?

Dalam bahasa ibrani pembawa damai adalah Shalom (שָׁלוֹם) . Eireinopoiyo dalam bahasa Greeka artinya adalah “to do” atau melakukan atau mengusahakan damai atau menggenapi damai.

Alkitab mengatakan kita tidak bisa menjadi pembawa damai. Hanya Tuhan dan dalam Yesus sendirilah pembawa damai.

“Dan Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia.”

1 Yohanes 2:2 TB

“Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya. Maksud-Nya ialah untuk menunjukkan keadilan-Nya pada masa ini, supaya nyata, bahwa Ia benar dan juga membenarkan orang yang percaya kepada Yesus.”

Roma 3:25-26 TB

“Dan sekalipun Ia adalah Anak, Ia telah belajar menjadi taat dari apa yang telah diderita-Nya, dan sesudah Ia mencapai kesempurnaan-Nya, Ia menjadi pokok keselamatan yang abadi bagi semua orang yang taat kepada-Nya, dan Ia dipanggil menjadi Imam Besar oleh Allah, menurut peraturan Melkisedek.”

Ibrani 5:8-10 TB

“Karena Dialah damai sejahtera kita, yang telah mempersatukan kedua pihak dan yang telah merubuhkan tembok pemisah, yaitu perseteruan, sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera, dan untuk memperdamaikan keduanya, di dalam satu tubuh, dengan Allah oleh salib, dengan melenyapkan perseteruan pada salib itu. Ia datang dan memberitakan damai sejahtera kepada kamu yang “jauh” dan damai sejahtera kepada mereka yang “dekat”, karena oleh Dia kita kedua pihak dalam satu Roh beroleh jalan masuk kepada Bapa.”

Efesus 2:14-18 TB

Ketika kita melakukan peace making, peace making yang seperti apa yang diinginkan dan yang diajarkan oleh Alkitab, yaitu yang seperti Yesus. Apakah sungguh ada peace making yang tidak menimbulkan konflik, tekanan, atau kekacauan? Tidak ada, karena ketika membawa damai pasti kita akan menimbulkan konflik. Contohnya adalah saat kita membawa jiwa kedalam sebuah ibadah.

Seperti yang tertulis di Matius 10:34-36, Tuhan membawa pedang kedalam dunia ini. Tetapi jangan takut seperti apa yang tertulis di Yohanes 1:12. Kita semua adalah anak anak Allah, diberi kuasa oleh Allah.

Wuios dalam bahasa Greeka artinya adalah anak yang menerima hak sebagai anak; anak yang memiliki kesamaan dan kemiripan dengan bapak.

Orang yang membawa damai Allah:

  • Tidak boleh sombong, harus miskin dihadapan Allah
  • Harus menjadi orang yang berduka cita akan dosamu
  • Menjadi murah hati, mengampuni, berbelas kasihan
  • Membawa mereka kepada Alkitab

“Tetapi hikmat yang dari atas adalah pertama-tama murni, selanjutnya pendamai, peramah, penurut, penuh belas kasihan dan buah-buah yang baik, tidak memihak dan tidak munafik.”

Yakobus 3:17 TB

Bagaimana kita sebagai orang Kristen bicara tentang damai? Menebar damai? Memperjuangkan damai? Sudah jelas dan pasti bahwa satu satunya jalan kedamaian adalah melalui Yesus Kristus, tetap dengan kasih bukan memaksa. Kalau mereka tidak menerima Yesus itu adalah kehendak mereka. Juga dengan berdoalah kita membawa damai itu.

 

Speaker : Pastor Daniel Santoso